Cara Mengurangi Dengkuran Saat Tidur

in Lifestyle

JEKARDAH – Mendengkur mungkin tak akan mengganggu tidur diri sendiri, namun jika anda tidur bersama teman atau istri anda, maka pastilah orang tersebut akan sangat terganggu dengan dengkuran anda. Apalagi jika dengkuran anda mempunyai frekuensi yang cukup tinggi.

Jika hal itu terjadi pada anda, tentu saja teman atau pasangan anda bisa merasa tidak nyaman ketika harus tidur berdua dengan anda. Dan untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk berkonsultasi pada dokter atau cobalah hal berikut:

1. Tidur Miring

Tidur dalam posisi miring bisa membuat tenggorokan anda dalam posisi yang lebih rileks dan bisa melegakan saluran pernapasan sehingga dengkuran akan berkurang bahkan bisa hilang.

2. Turunkan Berat Badan

Kegemukan bisa menjadi penyebab menyempitnya saluran pernapasan sehingga menyebabkan interaksi jaringan di leher, dan interaksi tersebut lah yang menimbulkan bunyi-bunyi merdu yang cukup menusuk telinga saat tidur. Jadi cobalah turunkan berat badan agar saluran pernapasan anda lebih lancar dan tentu saja untuk mengurangi atau menghilangkan dengkuran tersebut.

3. Hindari Alkohol Dan Obat Penenang

Mengonsumsi keduanya bisa berakibat pada jalan pernapasan anda sehingga kemungkinan tidur untuk mendengkur semakin besar.

4. Bantal Tambahan

Cobalah tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari pada posisi dada anda saat tidur. Hal itu bisa membuat saluran pernapasan menjadi lebih santai dan terbuka sehingga udara yang masuk tidak akan menyebabkan bunyi dengkuran.

5. Berhenti Merokok

Merokok bisa membuat efek buruk pada tenggorokan serta penyumbatan pada saluran napas sehingga ketika menghirup udara saat tidur bisa menyebabkan bunyi-bunyi tak enak.

6. Mengatur Jam

Bukan jam dinding atau jam tangan yang perlu diatur, tapi jam tidur anda lah yang coba diubah. Kekurangan tidur mungkin menjadi salah satu alasan mengapa anda tidur dengan mendengkur.

7. Olahraga

Olahraga tentu baik bagi kesehatan. Efeknya antara lain adalah menguatkan otot, menigkatkan detak jantung dan memperlancar sirkulasi darah. Berolahraga juga bisa meningkatkan tidur dan mengurangi dengkuran.

8. Cukup Minum Air

Dengkuran bisa diakibatkan  oleh lendir yang ada dalam tenggorokan. Dan untuk mengurangi lendir tersebut, usahakan minum air putih yang banyak sehingga lendir-lendir yang ada di dalam tenggorokan bisa tersapu oleh air yang mengalir.

9. Bersihkan Rongga Hidung

Suara dengkuran berasal dari pernapasan mulut. Dan pernapasan mulut bisa terjadi akibat hidung yang tersumbat, dan untuk mencegah hidung tersumbat anda perlu untuk membersihkannya. Tapi ingat, jangan membersihkan hidung anda di tempat yang sembarangan ya..!

10. Makan

Sehabis makan malam lebih baik jangan langsung tidur. Tunggu minimal dua jam agar jalannya pencernaan bisa lancar secara maksimal. Dan hal itu bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi dengkuran.

Comments are closed.